Upacara Peringatan HDKD 2021, Menkumham : Terus Ciptakan Terobosan-Terobosan Baru

Upacara Peringatan HDKD 2021, Menkumham :  Terus Ciptakan Terobosan-Terobosan Baru

PONTIANAK,METROLIMA.COM

Bertempat di Aula Kanwil Kemenkumham Kalbar, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalbar, Fery Monang Sihite, para Kepala Divisi, pejabat struktural, Kepala UPT se-Kota Pontianak dan pegawai Kanwil Kemenkumham Kalbar mengikuti Upacara Hari Dharma Karya Dhika 2021 secara virtual melalui zoom yang digelar di Graha Pengayoman, Sabtu (30/10).

Kegiatan upacara peringatan HDKD 2021 diikuti secara serentak melalui virtual di 33 Kantor Wilayah. Pada Kanwil Kemenkumham Kalbar, upacara peringatan langsung di pimpin oleh Kepala Kantor Wilayah.

Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly, dalam sambutannya mengatakan makna yang paling penting dalam peringatan HDKD 2021 adalah bagaimana bekerja dengan tulus tanpa pamrih, dedikasi yang tinggi, serta semangat bekerja dan berkarya untuk memberikan yang terbaik serta keberkahan, baik bagi organisasi Kementerian Hukum dan HAM dan seluruh masyarakat Indonesia.

” Terus ciptakan terobosan-terobosan baru, buktikan bahwa kinerja jajaran Kementerian Hukum dan HAM memberikan manfaat yang langsung dirasakan masyarakat, mampu bermanfaat bagi masyarakat, sehingga terwujud Kementerian Hukum dan HAM yang SEMAKIN PASTI,” perintahnya

Yasonna mengatakan bahwa sampai saat ini peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) hanya menyebutkan tahun berjalan, tidak menyebutkan tahun pengabdiannya, berapa usianya. Maka dari itu, Menkumham membentuk Tim untuk melakukan kajian, penelusuran sejarah, mencari bukti-bukti autentik, dan wawancara dengan beberapa pakar hukum untuk bisa mengetahui secara pasti kapan Kementerian Hukum dan HAM lahir.

” Kita tetapkan bahwa hari lahir Kementerian Hukum dan HAM adalah tanggal 19 Agustus 1945, selanjutnya disebut Hari Dharma Karya Dhika, diperingati pada tanggal 19 Agustus setiap tahunnya, dan mencabut Keputusan Menteri Kehakiman tahun 1985.”

” Jadikanlah Hari Dharma Karya Dhika sebagai momentum untuk melakukan evaluasi dan introspeksi atas semua yang telah dilakukan selama ini, rumuskan langkah-langkah strategis dalam menghadapi situasi yang sangat dinamis, terus bekerja dan berkarya, pastikan bahwa kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara benar-benar terlayani. Wujudkan nilai keadilan, kePASTIan, dan kemanfaatan hukum, sehingga kehadiran Kementerian Hukum dan HAM dapat semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tutup Yasonna dalam sambutannya.

Ketua Peringatan HDKD 2021 Kanwil Kemenkumham Kalbar, Kepala Divisi Keimigrasian, Pamuji Raharja, dalam laporannya menjabarkan kegiatan – kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka peringatan HDKD 2021. Kegiatan tersebut adalah pertandingan bulu tangkis, pertandingan gaplek, kegiatan menembak Kemenkumham, donor darah, bakti sosial (Kumham Peduli, Kumham Berbagi), perlombaan merias wajah, lomba karaoke, pameran pelayanan publik, ziarah dan tabur bunga, serta upacara dan syukuran.

Kakanwil juga memberikan sambutan pada kegiatan syukuran. Fery berpesan agar menningkatkan iman dan takwa sebagai landasan pelaksanaan tugas dan situasi apapun dalam hidup, serta jaga integritas pribadi. Jangan melakukan tindakan koruptif. Fery juga mengapresiasi sebesar-besarnya kepada Ketua HDKD 2021 Kanwil Kalbar beserta para panitia, yang telah menghadirkan suasana yang penuh dengan kebersamaan dan keakraban, dari mulai awal kegiatan hingga pada puncaknya acara syukuran yang penuh dengan kemeriahan walaupun tetap dengan kesederhanaan.

” Semangat yang kita gelorakan, semangat kebersamaan yang kita lihat hari ini mudah-mudahan tetap terjaga di tahun depan” pesan Kakanwil.

Bertindak sebagai MC, Kepala Rudenim Pontianak, Agus Suharto, melanjutkan kegiatan syukuran dengan pemotongan tumpeng dan kue sebagai tanda hari lahirnya Kementerian Hukum dan HAM RI, pemberian penghargaan Satya Lencana secara langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Kalbar, Penghargaan Lokatara Kategori Karya Dhika Madya kepada Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang Tessar Bayu Setyaji. Pemberian Penghargaan terhadap PNS yang mendukung program Vaksinasi dan penanganan Covid-19.

Terakhir adalah acara ramah tamah dan pembagian hadiah berupa televisi, kulkas, sepeda, handphone dan lain-lain kepada para pemenang lomba yang telah dilaksanakan dalam rangka peringatan HDKD 2021 oleh Kakanwil, para Kepala Divisi. Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pengayoman Kanwil Kemenkumham Kalbar, Agnes Fery Sihite, juga menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba merias wajah, tak lupa juga dibagikan Kupon Undian dooprize.

(HADYSA PRANA)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan