PT. Indo Nusa Mangkir Dari Undangan Mediasi Dinas Nakertrans Terkait Upah Lembur Karyawan

PT. Indo Nusa Mangkir Dari Undangan Mediasi Dinas Nakertrans Terkait Upah Lembur Karyawan

Jambi.metrolima.com.PT. Indo Nusa Agro Mulia perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan sawit yang terletak di Kelurahan Pandan Jaya, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur provinsi Jambi, mangkir dalam undangan surat mediasi yang dilayangkan Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi ( Naketrans ) Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Dalam surat undangan mediasi tersebut, dijadwalkan pada hari Senin 10 Desember 2018 pukul 09.00 WIB di kantor Dinas Nakertrans Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Namun, pada saat waktu mediasi dengan jadwal yang sudah ditentukan, pihak management perusahaan tidak hadir atau mangkir dalam undangan tersebut sehingga, mediasi itu pun harus ditunda hingga besok Selasa ( 11 Desember 2018 ) dengan alasan pihak HRD perusahaan tidak bisa hadir karena masih dalam perjalanan, dan alasan ini disampaikan pihak perusahaan hanya via telpon.

Mediasi tersebut bertujuan berkaitan dengan upah lembur karyawan PT. Indo Nusa Agro Mulya yang diduga tidak dibayarkan penuh oleh perusahaan.

Efendi selaku Ketua Serikat Buruh Seluruh Indonesia ( SBSI ) Kabupaten Tanjabtim, sangat menyangkan dengan ketidak hadiran pihak menagement perusahaan pada mediasi pertama hari ini. Padahal menurutnya, dalam undangan mediasi jelas ditegaskan kedua belah pihak harus hadir dalam mediasi tersebut dan jika salah satu pihak ada yang tidak hadir maka, keterangan satu pihak dianggap benar.

” Kami sangat kecewa dengan mangkirnya pihak perusahaan dalam mediasi pertama hari ini, dan kami dapat pemberitahuan mediasi ini ditunda baru diberi tahu tadi pagi oleh moderator Dinas Naketrans, melalui via WhatsApp. Seharusnya, jika perusahaan tidak hadir hari ini mediasinya tidak ditunda melainkan tindak lanjut kemediasi kedua “. Kata Efendi Senin ( 10 Desember 2018 ).

Sementara itu Moderator Dinas Naketrans, Desti Yuli Anggraini mengatakan alasan penundaan mediasi yang sudah dijadwalkan Dinas Naketrans, sesuai dengan surat yang sudah dilayangkan kepihak perusahaan, dikarenakan pihak HRD perusahaan masih dalam perjalanan dan besok baru tiba di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

” Mediasi ini ditunda karena tadi malam kami dapat informasi via handphone dari Humas PT. Indo Nusa Pak Hatta, katanya HRD nya masih dalam perjalanan jadi tidak bisa hadir dan kita jadwalkan ulang mediasinya besok “. Ucapnya.

Menurutnya, pihaknya sangat memaklumi dengan ketidak hadiran management perusahaan PT. Indo Nusa dalam mediasi hari ini, dan berita acara ketidak hadiran perusahaan tersebut untuk dilanjutkan kemediasi yang kedua ia dikatakannya tidak diberikan.

” Saya memaklumi karena pihak perusahaan masih dalam perjalanan.
Dalam penegasan surat itu memang ada dikatakan kalau salah satu pihak ada yang tidak hadir maka keterangan satu pihak dianggap benar, tapi ini kan beda walau dia ( perusahaan ) tidak datang tapi dia sudah konfirmasi ke kita “. Sebutnya.

(Beritajambi/muchtar)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan