Kakan Kemenag Tanjabtim Sebut Kesadaran Masyarakat Menyalurkan Zakat Masih Rendah

Kakan Kemenag Tanjabtim Sebut Kesadaran Masyarakat Menyalurkan  Zakat Masih Rendah

Beritametrolima.com, Jambi – Kesadaran masyarakat Kab.Tanjabtim  untuk membayar pajak dinilai Kepala Kemenag, Drs.H.Umar Yusuf,M.HI masih rendah, karena selama ini pembayaran zakat melalui Baznas masih didominasi oleh PNS dibandingkan masyarakat umum.

Umar Yusuf menyebutkan perkembangan Baznas selama ini, pada kenyataannya orang yang dalam kategori mampu belum memberikan zakat melalui Baznas. Kalau sudah mampu dan punya rizki lebih harus menyalurkan zakatnya,”ungkap H.Umar.

Padahal zakat yang dibayarkan melalui Baznas sangat banyak manfaatnya bagi masyarakat kurang mampu, salah satunya untuk mendukung pendidikan khususnya di Tanjabtim.

Dari persentase 100% hasil zakat, 50% bisa untuk pendidikan anak kurang mampu,”tuturnya. Keberadaan Baznas Tanjabtim lanjutnya sudah sangat menunjang dunia pendidikan bagi anak-anak yang kurang mampu, memang uang Rp.300 ribu tidak begitu berarti bagi orang mampu tapi bagi anak-anak kurang mampu, uang Rp.300 ribu sangatlah berarti. Setidaknya untuk pemenuhan kebutuhan harian dan biaya perlengkapan membeli alat-alat pendidikan,”terangnya.

Diharapkan seluruh masyarakat di Tanjabtim dalam kategori mampu untuk menyalurkan zakat melalui Baznas.

Uang zakat yang terkumpul di Baznas sudah pasti akan disalurkan kepada masyarakat kurang mampu, selain membantu dunia pendidikan Baznas ini kan ada juga yang memang diberikan kepada honorer yang kurang mampu dan ini ikut membantu pemenuhan kebutuhan mereka,” jelasnya.

Permasalahan saat ini masih kurangnya kesadaran warga mampu di Tanjabtim menyalurkan zakat melalui Baznas karena kurangnya kesadaran masyarakat mampu untuk menyisihkan sedikit hartanya, padahal membayar zakat adalah kewajiban umat muslim dimanapun berada.

Dengan mengeluarkan zakat, lanjutnya tidak akan membuat pembayar zakat menjadi miskin malahan rizki akan diberikan berlipat-lipat kepada orang yang mengeluarkan zakat lagian tidak keseluruhan harta yang dizakatkan, hanya sebagian saja,’kata Drs.H.Umar Yusuf,M.HI. Ns/Sul.B./Much.   

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan