Infrastruktur Ruas Jalan Nasional Kota Sorong Mengalami Perubahan Pesat

Infrastruktur Ruas Jalan Nasional Kota Sorong Mengalami Perubahan Pesat
Kepala Satker PJN Wliayah II Papua Barat (Sorong),Ir. Sukarman

Sorong, Metro Lima NewsBerita Metro Lima.Com – Pengembangan infrastruktur penunjang di kota sorong mengalami perubahan pesat,hal tersebut terlihat di Sepanjang ruas  jalan nasional  kota Sorong  terkover dalam Paket pekerjaan rehabilitasi sepanjang  Jalan Ahmad Yani  dan Basuki Rahmat  Tahun Anggaran 2018 yang telah diprogramkan oleh Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Papua Barat (Sorong).

Proyek yang meliputi penanganan perbaikan lapis perkerasan aspal, pelebaran badan jalan dari semula 2 jalur 4 lajur, menjadi 2 jalur 6 lajur (tambahan 2 lajur sepeda). Hal ini sebagai langkah pengembangan infrastruktur penunjang khususnya di wilayah Kota Sorong. Selain itu kata sukarman,pihaknya juga mengadakan perbaikan drainase samping, bangunan pelengkap pada jalan (cross drain), perbaikan median jalan, dan marka jalan thermoplastic. Demi tercapainya kegiatan fisik itu diperlukan dukungan dari segenap pihak atau instansi terkait, diantaranya tindak lanjut pembebasan lahan, pemindahan beberapa utilitas terkena dampak rencana pelebaran jalan.

Demikian di sampaikan Kepala Satuan kerja (Satker) Jalan Nasional Wilayah II Papua Barat (Sorong), Sukarman Kepada Metro Lima News pekan lalu usai rapat Evaluasi bersama Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Kontraktor di ruang kerjanya.

Sukarman menyebutkan juga mengenai sejumlah permasalahan yang ada dan penanganannya, dimana tingkat curah hujan di kota sorong sangat tinggi, akibatnya di beberapa titik ruas jalan nasonal tergenag air dan mengakibatkan banjir sehingga menghambat arus lalulintas .

Seiring tingkat curah hujan yang sangat tinggi, kata Sukarman, problem utama kota sorong adalah masalah drainase,ini harus menjadi perhatian kita bersama,terutama bagi pemerintah kota sorong. permasalahan sedimentasi di beberapa titik ruas jalan nasional sangat tinggi dan debit air juga demikian tinggi. Penanganannya dengan pelebaran jalan, overlay, median, pembersihan saluran samping, penggantian saluran lama,boxculvert.

Sejauh ini pihaknya sudah bekerja keras dalam mengoptimalkan pembangunan jalan di kota sorong, perbagai pertemuan bersama pemerintah daerah,PPK,kontraktor,konsultan,pengawas, komisi C. DPRD Kota sorong serta LSM sering sudah saya sampaikan.

Pemerintah daerah harus mendukung program kementrian terkait sehingga proses percepatan pembangunan dapat berjalan baik. Dalam kaitan pembangunan, kata sukarman,bila ada pemalangan dari masyarakat,tentunya pemerintah daerah setempat harus mengambil langkah kebijakan sehingga tidak menghampat pekerjaan infrastruktur pembangunan Kementrian di wilayah kota sorong.

“Kami berharap semua instansi terkait saling berkoordinasi  mendukung kegiatan ini,sehingga proses percepatan pembangunan bisa di nikmati oleh kita bersama di daerah ini ”ujar Kepala Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Papua Barat – Sorong” Terang Sukarman kepada wartawan Metro Lima News. ( Soter.R)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan