Edward Letsoin: Irigasi dan Pupuk Prioritas Dinas Pertanian Kabupaten Bintuni

Edward Letsoin: Irigasi dan Pupuk Prioritas Dinas Pertanian Kabupaten Bintuni
Kadis Pertanian Kab.Teluk Bintuni, Edward Letsoin

Beritametrolima.com, Bintuni – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Teluk Bintuni, Edward Letsoin kepada MetroLima News usai pengambilan sumpah janji jabatan mengatakan, Masalah kelangkaan pupuk subsidi dan Irigasi merupakan hal yang menghambat pengembangan pertanian di kabupaten Bintuni.

Menurutnya, Masalah pemeliharaan rutin merupakan tanggung jawab dinas Pekerjaan Umum (PU) sebagai motor penggerak, namun hal ini akan di koordinasikan secara bersama, pasalnya, Distrik Manimeri dan Bintuni dinilai berpotensi dalam pengembangan kawasan sektor pertanian.

”Kita upayakan irigasi di dua tempat ini, jika sudah di perbaiki, maka nantinya bisa melayani para petani,”Jelasnya.

Lebih lanjut Edward Letsoin mengungkapkan, Pemerintah Pusat memiliki program  kegiatan pembuatan irigasi Tersier, yakni jaringan irigasi kecil yang menyalurkan air dan dari irigasi sekunder ke sawah, sebelum itu harus memperbaiki jaringan irigasi sekunder dari bendungan Tuarai menuju area persawahan SP 1 dan Sp4 sepanjang 12 Km.

Sementara untuk pupuk subsidi saat ini jumlahnya terbatas karena produsen tidak mampu mengantar langsung ke Kabupaten Bintuni, Masalah pupuk masih menjadi kendala serius yang dihadapi petani, karena harga pupuk di Bintuni masih relatif tinggi. Hal ini dikarenakan Kabupaten Teluk Bintuni belum memiliki distributor atau penyalur resmi pupuk bersubsidi, harga pupuk yang dijual dipasaran relatif tinggi, apalagi disaat memasuki musim tanam.

Lanjut dia, adanya pupuk bersubsidi maka akan sangat meringankan beban para petani. Karena biaya pupuk terbilang cukup tinggi pada alokasi biaya produksi pertanian, Sementara hingga saat ini petani belum terbiasa menggunakan pupuk organik atau pupuk kompos dalam budidaya tanaman padi.

“Diharapkan bantuan dari pemerintah daerah untuk menunjang Irigasi dan masalah kelangkaan pupuk bagi para petani,”Ungkap Letsoin. Soter R

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.