Warga Minta Kades Darussalam Turun dari Jabatannya

Warga Minta Kades Darussalam Turun dari Jabatannya
Dana Desa

Sumut, Penyambungan, Beritametrolima.com,- Masyarakat Desa Darusalam/Pagaran Sigatal, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara, mendesak Kepala Desa berinisial L.N, untuk lengser dari jabatannya. Hal ini akibat dari tergerusnya masyarakat terhadap penggunaan Dana DesaTA.2017, yang diduga  telah terjadi penggelembungan dana.

Beberapa tokoh masyarakat bersama BPD Desa Darussalam/Pagaran Sigatal, membuat surat pengaduan kepada beberapa instansi yang ditandatangani 531 kepala keluarga dan didukung Ketua BPD, M Jamil Nasution dan Sekretaris Desa Iwan P Harefa, agar Kepala Desa diperiksa pihak yang berkompeten untuk mempertanggung jawabkan indikasi penyalagunaan dana desa tersebut.

Kadis PMD Kec Madina Muhammad Iqbal SP.Si membenarkan pengaduan masyarakat Desa Darusalam/Pagaran Sigatal. Menurutnya pengaduan ini harus ditangani secara hati-hati agar tidak terjebak dalam proses yang keliru.

Sementara ketua Komisi I DPRD madina H.M Daud Lubis yang juga menerima tembusan pengaduan masyarakat tentang penyalagunaan dana Desa Darussalam/Pagaran Sigatal, berharap jangan ada keberpihakan dalam memproses kasus yang muncul. “Hendaknya ditangani secara arif agar terang benderang letak kecurigaan penyalagunaan Dana Desa sebagaimana yang dilaporkan masyarakat,” terangnya.

Beberapa orang warga Desa Darussalam/Pagaran Sigatal yang diwawancarai secara terpisah dan tidak ingin identitasnya disebutkan, mengatakan jika benar pengelembungan Dana Desa TA 2017 ini terjadi dan terbukti setelah terjadinya Audit dinas terkait, maka perbuatan ini sangat di sayangkan seperti perbuatan PKI,yang memiliki argumentasinya partai yang suda diharamkan di Bumi Indonesia ini.

“Itu sama saja dengan merampas dan menikmati uang rakyat dan bertujuan memperkaya diri sendiri,” kata salah satu warga.

Warga lainnya mengatakan, hendaknya Kepala Desa Darusalam Kec Panyabungan Kab Mandaling Natal, Provinsi Sumatra Utara menyadari bahwa Dana Desa adalah milik seluruh masyarakat desa, yang dikucurkan untuk kemajuan desa dan percepatan pembangunan,bukan untuk memperkaya diri kepala Desa, “Harapan kami sebagai masyarakat Desa Darusalam, agar permasalahan ini cepat terang benderang dan pihak yang berkompoten dapat bekerja dengan maksimal,” tandasnya.

(Muchtar)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan