Semangat Hidup Nelayan Lumpuh yang Berjuang Nafkahi Keluarganya

Semangat Hidup Nelayan Lumpuh yang Berjuang Nafkahi Keluarganya
Tam, Nelayan warga Tanjung Unggat tetap berjuang menafkahi keluarga walau dengan kondisi lumpuh

Tam, Nelayan warga Tanjung Unggat tetap berjuang menafkahi keluarga walau dengan kondisi lumpuh

Beritametrolima.com, Tanjungpinang –Tamrin umur 43 tahun, Menikah dengan Sarinah umur 40 tahun. Dari hasil pernikahannya mereka di karunia 5 orang anak, namun pernikahan mereka tidak berjalan dengan baik, mereka berpisah 8 tahun yang lalu. Tam nama panggilannya, walaupun dalam kondisi lumpuh, namun tetap berjuang menafkahi anak – anaknya.
Menyelam untuk mencari kerang dengan kedalaman 5 meter merupakan mata pencahariannya, walaupun terkadang tidak dapat mendapatkan hasil , dia tetap semangat. Semangatnya yang kuat dalam kondisi lumpuh yang tidak pernah mengeluh seakan membuatku memujinya.
Pagi itu, kami bertamu kerumahnya dan melihat keadaannya di pondok tempat tinggalnya (16/9) tanpa dilengkapi perabotan apa- apa dan menawarkan aku minum dengan keramahannya. Dalam perbincangan kami, Tam yang suka bergurau dengan logat kental melayunya yang lahir di Letung ini, seolah dia tidak mengalami beban ini.
Tam tinggal di Tanjung Unggat Kota Tanjungpinang dipinggiran laut, Pondok kecil yang berdinding kulit kayu itu yang dia beli dari temannya. Baginya ini sudah lumayan, “Karena tidak bayar Kos lagi bang, Katanya”.
Sudah 10 tahun Tam menekuni Pekerjaan Nelayan ini, menyelam bekerja sendiri dalam kondisi lumpuh seakan membahayakan dirinya, Dengan sampan yang lapuk, mesin kompresor yang terkadang tidak berfungsi. Namun dia tetap berusaha untuk melanjutkan pekerjaannya demi menafkahi anak – anaknya. Pekerjaan ini merupakan pilihannya, Karena tidak ada jalan lain lagi untuk nafkah bagi anak – anaknya
Dalam kondisi seperti ini, Selayaknya Pemerintah memberikan bantuan tepat pada sasarannya. Begitu bahayanya dirinya bekerja sendiri tanpa peralatan yang tidak lengkap dan juga kondisi fisik yang memprihatinkan. ( T. Siringo )

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.