Polres Melawi Ikuti Launching ETLE Nasional Tahap 1 Secara Virtual

Polres Melawi Ikuti Launching ETLE Nasional Tahap 1 Secara Virtual

Metro Lima.com Melawi,Kalbar – Polres Melawi ikuti Acara Launching Program penerapan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) nasional tahap 1 secara virtual bertempat di Aula Tribata Polres Melawi pada Selasa, (23/3/2021).

Dikuti oleh, Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K didampingi Wakapolres Melawi Kompol Agus Mulyana, Kabag Ops AKP Aang Permana, Kasat Lantas Polres Melawi, IPTU Suwaris

Tamu undangan lainnya hadir, Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Drs. Paulus, Kepala Dinas PUPR, Kabupaten Melawi Hilarius Orong S.Sos, perwakilan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Melawi, Jasa Raharja Cabang Perwakilan Kabupaten Melawi, dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Melawi.

WhatsApp Image 2021-03-23 at 17.27.41Menurut informasi, terdapat 12 Polda sudah siap menyelenggarakannya, yakni Polda Metro Jaya, Polda Banten, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Jawa Timur, Polda DIY, Polda Riau, Polda Jambi, Polda Sumatera Barat, Polda Lampung, dan Polda Sulawesi Selatan, Polda Sulawesi Utara.

Penerapan tilang elektronik tahap pertama akan berlaku di 12 polda di Indonesia tersebut bekerja menggunakan kamera CCTV. Ada 244 kamera tilang elektronik baru yang akan terpasang di 12 Polda di Indonesia, meliputi:

1. 98 titik di Polda Metro Jaya
2. 5 titik di Polda Riau
3. 55 titik di Polda Jawa Timur
4. 10 titik di Polda Jawa Tengah
5. 16 titik di Polda Sulawesi Selatan
6. 21 titik di Polda Jawa Barat
7. 8 titik di Polda Jambi
8. 10 titik di Polda Sumatera Barat
9. 4 titik di Polda DIY
10.10.5 titik di Polda Lampung
11.11 titik di Polda Sulawesi Utara
12.1 titik di Polda Banten

Menurut Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K melalui keterangan Kasat Lantas Polres Melawi, IPTU Suwaris, bahwa Polda Kalbar akan ikut launching ETLE tahap kedua.

“Untuk pelaksanaannya ETLE, Polda Kalbar sudah menerapkan hari ini, di Kota Pontianak dan Kota Singkawang sedangkan untuk daerah lainnya seperti di Polres Melawi sudah menerapkan E Tilang,” ujar Iptu Suwaris.

Polres Melawi jika nanti sudah menerapkan ETLE yang akan dipasang yaitu di simpang tugu dan di Pos Lantas.

“Sementara saat masih menggunakan tilang lama yaitu elektronik tilang ini juga hampir tidak bersentuhan,” kata Iptu Suwaris.

Elektronik tilang, masyarakat yang kena tilang langsung membayar tilang ke Bank, kemudian resi bukti pembayaran dari Bank ditunjukkan ke bagian tilang untuk proses pengambilan STNK atau kendaraan yang terkena tilang.

“Elektronik tilang yang diterapkan hampir mendekati tetapi akan segera kita kejar kearah persiapan ETLE hingga launching tahap kedua,” imbuhnya.

Kasat Lantas Polres Melawi Iptu Suwaris menghimbau kepada seluruh masyarakat pengguna roda dua, empat dan seterusnya untuk mentaati peraturan berlalu lintas.

“Saat ini bukan hanya Polisi lalu lintas yang mengawasi tetapi, semua komponen digital juga ikut mengawasi,” pungkasnya. Agus Maharona

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan