Peternakan Ayam Broiler Desa Simpang Kanan

Peternakan Ayam Broiler Desa Simpang Kanan

Beritametrolima.comKegiatan Revitalisasi Ekonomi Masyarakat oleh Badan Restorasi Gambut (BRG)  di Kelompok Tunas Muda Desa Simpang Kanan Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat.

Kelompok Masayakat (Pokmas) Tunas Muda terbentuk sejak tahun 2016. Pokmas ini memiliki 25 anggota dengan Pak Buhari sebagai ketua kelompok tersebut. Pokmas Tunas Muda menerima bantuan Revitalisasi Ekonomi dari BRG pada tahun 2018 tepatnya pada bulan Oktober berupa kegiatan Peternakan Ayam Potong/Ayam Broiler dimulai dengan kegiatan pembersihan lahan dan pembuatan kandang.

ddddKandang ayam dibangun di lahan anggota kelompok Tunas Muda, kandang pertama di bangun di tanah milik Pak Maat dan kandang kedua di bangun di tanah milik Pak Nurhawi. Surat pinjam pakai lahan dan surat pernyataan peminjaman lahan oleh kelompok dan kepemilikan kandang oleh kelompok juga sudah dibuat.

Kelompok Tunas Muda dalam pengelolaan ternak ayam dibagi dalam dua tim karena kandang ada 2, kandang pertama dipimpin oleh Pak Maat selaku penangungjawab kandang  dan kandang kedua di pimpin oleh Pak Nurhawi sebagai penanggungjawab.

Kelompok ini biasanya menggunakan Bibit ayam / DOC (Day Old Duck) produk dari PT Japfa MB-202 type Adan untuk pakan pokmas Tuas Muda menggunakan produk BR-11 untuk fase pemeliharaan starter (untuk umur ayam 0-21 hari) dan BR-12 untuk fase finisher (untuk umur ayam >21 hari) yang merupakan produk pakan dari PT Charoen Pockphand. Pemelihan pakan tersebut juga sudah berdasarkan pengalaman dari anggota pokmas.

Kegiatan Peternakan Ayam Potong/Ayam Broiler kelompok ini sudah 6 periode pemeliharaan sejak tahun 2018, saat harga harga ayam tinggi keuntungan kelompok bisa mencapai belasan juta tapi jika harga ayam rendah kelompok juga mengalami kerugian. Saat ini  kondisi kandang masih kosong setelah dibersihkan, rencananya kandang akan diisi kembali setelah bibit datang, bibit sudah dilakukan pemesanan dan akan datang sekitar tanggal 30 maret 2020 ini.

Pembagian hasil dalam pengelolaan kandang disepakati keuntungan setelah penjualan dibagi dua setengah untuk anggota tim yang aktif dan sebagian disimpan di kas kelompok, dengan kata lain anggota kelompok yang terlibat aktif akan mendapatkan hasil yang agak besar dibanding dengan yang tidak terlibat.

Dari hasil peternakan ayam broiler di Kelompok Tunas Muda selain menambah penghasilan bagi anggota kelompok, dari peternakan ini juga ikut bertapartisipasi dalam bantuan social bagi masyarakat Desa Simpang Kanan yang sedang berduka. Kelompok biasanya memberikan sumbangan berupa ayam hidup kepada anggota keluarga yang mengadakan acara kematian (tahlilan).

Selain kandang kelompok Tunas Muda di lahan Maat juga ada bangunan kandang milik pak Maat pribadi yang sudah dibangun dari tahun sejak tahun 2017 yang kapasitas kandangnya lebih kecil dibandingkan dengan milik kelompok.

Demikian hasil Pemantauan dilapangan mengenai bantuan Revitalisasi Ekonomi Masyarakat oleh Badan Restorasi Gambut (BRG) melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup  Dana APBN 2018. Hadysa Prana 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan