Permudah Warga, Dukcapil Jaksel Buka Pelayanan di Kantor Kecamatan Tiap Sabtu

Permudah Warga, Dukcapil Jaksel Buka Pelayanan di Kantor Kecamatan Tiap Sabtu
Warga mengurus e-KTP

Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jakarta Selatan mulai membuka pelayanan pengaduan masyarakat setiap Sabtu. Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Selatan Abdul Haris mengatakan, dibukanya pelayanan pengaduan masyarakat untuk memudahkan warga melaporkan masalah-masalah terkait pencatatan sipil dan kependudukan.

“Layanan yang saya buka ini lebih merupakan peningkatan pelayanan kepada warga yang mempunyai keterbatasan waktu di hari kerja. Pelayanan ini lebih merupakan ekstra tambahan waktu,” ujar Haris seperti dilansir Kompas.com, Kamis (11/1/2018).

Menurut Haris, pengaduan masyarakat ini adalah jawaban dari banyaknya warga yang kesulitan mencari informasi mengenai kependudukan catatan sipil. Masalah paling banyak, kata Haris, KTP elektronik. Masih banyak warga mengeluhkan lamanya proses pembuatan KTP elektronik.

“Biasanya warga punya NIK ganda di DKI dengan luar DKI. Banyak yang memiliki lebih dari dua NIK, namun telah rekam di daerah dan rekam di DKI dengan NIK beda, ini masalah terkait dengan proses uji ketunggalan data,” katanya.

Di Kecamatan, pelayanan dibuka pukul 08.00-11.00. Ada dua hingga tiga petugas yang berjaga.

Sayangnya, pelayanan yang dibuka tiap Sabtu ini belum melayani perekaman KTP elektronik. Untuk perekaman di akhir pekan, kata Haris, sementara hanya dilayani di pelayanan mobile di titik-titik tertentu seperti hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di Mampang Prapatan dan Kantor Wali Kota Jakarta Selatan 14 Januari 2018 nanti.

(Kom/Adfiel)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan