Pengukuhan Ketua Baru SBM Jakarta Selatan

Pengukuhan Ketua Baru SBM Jakarta Selatan

Jakarta, MetrolimaNews

Keberadaan budaya Betawi, termasuk kesenian tradisionalnya dalam beragam bentuk seperti tari-tarian, teater, nyanyian, musik, dan sebagainya, merupakan aset wisata yang eksotik. Sudah sepatutnya berkembang sebagaimana kesenian tradisional dari etnis lain. Tak sedikit tim kesenian dari Indonesia yang diwakili Betawi pentas keliling dunia, mendapat sambutan luar biasa di berbagai manca negara.

Belum lama ini Silaturahmi Betawi Modern (SBM) mengelar acara Kopdar Perdana, Pengukuhan Ketua SBM Korwil Jakarta Selatan yang terpilih Bahtiyar atau nama bekennya di sapa Acil. Acara yang di adakan di Bumi Perkemahan Ragunan Jakarta Selatan, di hadiri oleh pendiri Silaturahmi Betawi Modern (SBM) Baba Anwar, para tamu undangan perwakilan Se-Jabodetabek serta pengurus SBM yang baru. Acara berlangsung lancar di Bumi Perkemahan Ragunan Jakarta Selatan.

Dalam acara ini, pembukaan dan pemotongan tumpeng di lakukan oleh pendiri SBM Baba Anwar. “Dengan mengucapkan bismillah dan dengan pemotongan tumpeng, saya selaku pendiri SILATURAHMI BETAWI MODERN (SBM) mengamanah kan kepengurusan SBM ini kepada  Acil.  Semoga kedepannya  SBM makin maju dan solit serta dapat menjadi tolak ukur buat komunitas lain buat selalu menjalin tali silaturahmi serta menjunjung adat istiadat serta seni-budaya Betawi Aamin Amin ya rabbal alamin.” tutur Anwar.

Anwar menambahkan, seiring perkembangan waktu dan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, dirasakan kurangnya perhatian para pemuda terhadap seni dan budaya asli Indonesia. Sebagai generasi penerus bangsa, kalau bukan kita sendiri, siapa lagi yang mau melestarikan dan menjaganya.

Ketua yang baru Acil mengatakan bahwasannya tujuannya dengan mengadakan kopdar ini kedepannya ialah untuk dapat memotivasi pemuda dalam melestarikan dan menumbuhkembangkan seni budaya Betawi. Juga sekaligus sebagai ajang temu muka dan silaturahim tanpa batas, kata Acil bersemangat.

Masih ditempat yang sama Acil menambahkan, tak dipungkiri, di era globalisasi sekarang ini, begitu kuatnya budaya asing masuk hingga ke pelosok desa tanpa memfilter lebih dulu. Pergeseran adat dan budaya telah merubah wajah anak negeri untuk lebih memilih budaya asing untuk mereka banggakan, kata Acil.

Acil berharap kedepan SBM dapat lebih mempersatukan dan mempererat tali silaturahim kepada seluruh anggota khususnya, serta warga Betawi keseluruhan pada umumnya. (Ag)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan