Pemilik Bangunan Diduga Kongkalikong dengan Oknum CKTRP Kec. Pancoran 2 Bangunan 3 Lantai di Jalan H. Mahmud Buntu Dibongkar Hanya 30 Menit

Pemilik Bangunan Diduga Kongkalikong dengan Oknum CKTRP Kec. Pancoran 2 Bangunan 3 Lantai di Jalan H. Mahmud Buntu Dibongkar Hanya 30 Menit

WhatsApp Image 2017-08-10 at 18.35.55Berita Metrolima.com – Praktik suap diduga masih menjalar di Sudin Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan.

Seperti terjadi pada pembongkaran bangunan di Jalan H. Mahmud Buntu, Pancoran Timur RT 1 RW 4, Kelurahan Duren Tiga Jakarta Selatan.

Bangunan tersebut dibongkar akibat tidak sesuai izin, karena membangun melebihi ketentuan. Dalam IMB disebut ijin 2 lantai, tapi dibangun 3 lantai.

Bangunan bernilai miliaran rupiah tersebut akhirnya dibongkar oleh petugas CKTRP Kec. Pancoran, yang dipimpin Sidik, Kamis (10/8) siang.

Sidik ketika dikonfirmasi, mengatakan pembongkaran tersebut untuk membuat efek jera kepada masyarakat. Pihaknya juga sudah memberikan surat teguran kepada pemilik bangunan 3 lantai tersebut. “Kalau masih melakukan pekerjaan, pastinya kami akan usulkan untuk dibongkar,” ujarnya dengan nada tegas.

Namun sayangnya, ternyata pembongkaran yang dilakukan tim CKTRP tersebut terkesan main-main alias bongkar cantik. Petugas hanya melobangi bangunan di satu lokasi saja, dan hanya berlangsung setengah jam, yaitu mulai dari pukul 10.00 hingga 10.30.

Aksi pembongkaran ini mengerahkan sekitar 20 petugas dari  5 anggota TNI 10 anggota pasukan oren dan tidak terlihat anggota polri dilokasi pembongkaran.

Anehnya lagi, pembongkaran tidak disaksikan anggota Polri setelah aksi pembongkaran tersebut selesai baru petugas polri datang.

Sumber media ini mengatakan, pembongkaran menjadi lebih aneh setelah pelaksana bangunan (mandor) bernama Desta menghubungi sang pemilik, dan kemudian meminta Sidik berhenti melakukan pembongkaran, seperti yang diperintahkan sang pemilik bangunan.

Berhentinya pembongkaran langsung membuat bingung petugas yang ada di lokasi, termasuk petugas oren yang dikerahkan mengungkapkan keheranannya. “Kok cepat benar hanya sekitar 30 menit selesai  pembongkarannya,” kata salah satu petugas.

Sumber menambahkan, pembongkaran di Jl. H. Mahmud memang bongkar ‘CANTIK’, dan juga yang WhatsApp Image 2017-08-10 at 18.34.24sangat mengherankan, para petugas pembongkaran mendapat makan dari pemilik bangunan. “Ini kan aneh, makan minum dikasih dari pemilik. Ada apa?’ katanya.

Kasus bangunan tak sesuai ijin yang tak ditertibkan sesuai aturan kini menjadi perhatian Irbanko Jaksel.

Petugas pemeriksa dari Irbanko Jaksel, Rahman, mengatakan pihaknya terus melakukan pengawasan terhadap kinerja Sudin CKTRP di Jakarta Selatan, termasuk menindaklanjuti laporan media dan warga terkait kinerja Sudin CKTRP di seluruh kecamatan, termasuk di Kecamatan Pancoran.  “Seperti kasus bangunan di Jagakarasa sudah kami periksa dan akan dibongkar. Lalu di Cilandak, dan juga Pancoran akan kami periksa,” kata Rahman, Kamis (10/8) di Kantor Irbanko Jaksel.

(Gun)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan