Menjaga Kesehatan dan Kebersihan

Menjaga Kesehatan dan Kebersihan

Jakarta,MetrolimaNews

Budaya hidup bersih dan sehat (BHBS) sangat perlu diterapkan sejak dini, baik dikeluarga maupun dilingkungan. Selain kebersihan untuk menjaga kesehatan juga perlu diatur pola makan yang sehat dan bersih disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Kalau memang ada gejala badan kurang sehat, segera memeriksakan diri ke Puskesmas maupun ke Rumah Sakit.

Perilaku hidup bersih dan sehat atau disingkat (PHBS) merupakan langkah yang harus dilakukan untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal bagi setiap orang. Kondisi sehat tidak serta merta terjadi, tetapi harus senantiasa kita upayakan dari yang tidak sehat menjadi hidup yang sehat serta menciptakan lingkungan yang sehat.

Upaya ini harus dimulai dari menanamkan pola pikir sehat yang menjadi tanggung jawab kita kepada masyarakat dan harus dimulai dan diusahakan oleh diri sendiri.

Kepala Puskesmas Karet Tengsin Dokter Rosmiati mengatakan kepada media, bahwa budaya hidup bersih dan sehat sudah diterapkan di masyarakat. “Pola hidup sehat, bersih dan pola mengkonsumsi makanan, harus dilakukan setiap hari dalam kehidupan baik dirumah atau dilingkungan. Kalau 3 hal itu dilakukan niscaya masyarakat akan jauh dari penyakit,” jelas Dokter Rosmiati.

Dokter Rosmiati menambahkan, keluarga merupakan investasi bangsa yang harus dijaga dan dipelihara kesehatannya. Perilaku hidup bersih dan sehat dalam keluarga diantaranya dengan menjaga kebersihan di lingkungan rumah dan lingkungan sekitar. Buanglah sampah pada tempatnya. Maka dari pada  itu jadilah keluarga sadar gizi. Selain itu, kesibukan yang dihadapi oleh para pekerja kantor juga menyebabkan mereka hanya duduk di belakang meja untuk bekerja dan menghadapi stres yang berat.

Pemikiran yang semua serba instan ini menyebabkan banyak orang melirik ke makanan fast food atau junkfood untuk dikonsumsi. Jenis makanan yang kita konsumsi hendaknya mempunyai proporsi yang seimbang antara karbohidrat, protein, dan lemaknya. (Ag/Sn)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan