Genap Usia 71 Tahun, Waljinah Berkeinginan Diundang dan Bernyanyi di Istana Jokowi

Genap Usia 71 Tahun, Waljinah Berkeinginan Diundang dan Bernyanyi di Istana Jokowi
Maestro keroncong, Waldjinah, Senin 7 November 2016 genap berusia 71 tahun

Beritametrolima.comMaestro keroncong, Waldjinah, Senin 7 November kemarin genap berusia 71 tahun. Sempat mengalami sakit perut dan harus keluar masuk rumah sakit selama hampir setahun, kini pelantun lagu “Walang Kekek” ini terlihat lebih sehat dan bugar. Dia bahkan mengaku siap menyanyi lagi jika ada yang membutuhkan.

“Saya delapan bulan tidak bisa makan. Kalau makan selalu muntah lagi, perut sakit. Tapi setelah terapi sekarang sembuh total,” ujar Waljinah saat ditemui merdeka.com di rumahnya, Mangkubumen Solo, Selasa (8/11).

Di usia 71 tahun, banyak cerita kisah tentang perjalanan Waljinah dalam menggeluti musik keroncong. Sejak tahun 1959 ketika usia Waljinah masih 12 tahun, dia sudah rela mengorbankan waktunya untuk menyanyi. Akibatnya dia hanya mengenyam pendidikan formal hingga lulus SMP.

“Umur 12 tahun saya menjuarai lomba keroncong di Lokananta. Setelah itu langsung diminta rekaman. Lagunya Kembang Kacang. Pertama nyanyi saya dibayar Rp 15,” tuturnya.

Kesetiaan Waljanah dalam dunia keroncong membuahkan hasil. Dia selalu diundang menjadi penyanyi Istana Negara saat peringatan kemerdekaan di zaman Presiden Soeharto. Tak hanya zaman Orde Baru, saat Soekarno berkuasa Waljinah juga pernah diundang untuk menyanyi. Saat itu Presiden Soekarno menyerahkan penganugerahan Bintang RRI di Jakarta. Era Presiden BI Habibie, Gus Dur, Megawati dan Susilo Bambang Yudhoyono Waljinah juga pernah diundang menyanyi, meski bukan di Istana Negara, namun di Istana Bogor.

“Zamannya Pak Harto saya tiap tahun diundang nyanyi di Istana Merdeka, saat peringatan kemerdekaan. Bu Tien itu suka sekali lagu ‘Walang Kekek’. Itu lagu perjuangan untuk kaum wanita,” jelasnya.

Di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dia mengaku belum pernah diundang ke istana untuk menyanyi. “Pingin nyanyi dan diundang Pak Jokowi ke Istana Negara,” harapnya.

Selama lebih dari 59 tahun, Waljinah mengabdikan dirinya untuk musik keroncong. Sejumlah prestasi dan penghargaan telah diperolehnya. Namun ada satu mimpi yang hingga saat ini belum kesampaian.

“Saya pingin kolaborasi dengan Edo Kondologit. Saya harap Erwin Gutawa mau menciptakan lagu untuk kami berdua. Edo dari Papua dan saya dari Jawa. Kalau dua budaya ini dipadukan dalam sebuah lagu pasti hasilnya akan sangat bagus. Saya yakin mas Erwin bisa,” katanya.

Waljinah juga ingin ada penyanyi yang bisa menggantikan dirinya. Meskipun lima anaknya tak berminat, namun dia yakin ada banyak generasi penerus yang bermunculan dengan kualitas yang bagus.

“Anak saya sebenarnya ada yang suaranya bagus, tapi umur 10 tahun sudah meninggal. Empat lainnya tidak berminat nyanyi,” jelasnya.

Kendati lima putranya tak ada yang mewarisi keahliannya menyanyi, namun dia tak khawatir. Kerabatnya yang lain ikut melestarikan musik keroncong. Yang lebih membuat dia bahagia, akhir-akhir ini ada sejumlah perlombaan tingkat SMP Dan SMA. Sehingga regenerasi di bidang musik keroncong tak perlu dikhawatirkan lagi.

Di usia senja. Waljinah mengaku tetap ingin menyanyi. Namun keinginan tersebut terkadang harus terkendala izin keluarganya. “Anak saya melarang saya menyanyi karena sudah tua. Disuruh di rumah saja,”‘ucapnya.

Waljinah mengaku sejumlah job manggung sudah dia terima, baik di dalam maupun luar kota. Keinginan kuatnya untuk bernyanyi lagi, membuat dia saat ini harus belajar mengolah vokal lagi. “Harus latihan lagi, harus diasah agar tidak mengecewakan,” tuturnya.

Pengabdian pelantun lagu ‘Entit’ pada musik keroncong ini memang tak terkira. Sampai saat ini dia dia masih memikirkan perkembangan dan regenerasi musik keroncong meskipun sudah berusia senja.

“Ya bagaimana lagi, namanya sudah hobi nyanyi, mau dilarang sama anak ya enggak bisa. Enggak usah minta izin saja. Saya ingin nyanyi sampai kapan pun Tuhan memberi kekuatan, sampai mati kalau perlu. Saya ingin ke depan keroncong ini sukses dan jaya lagi,” tutupnya. Mrdkcom/ari/cob/jat

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.