Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Tambrauw Gelar Sosialisasi Pendidikan Inklusif dan Uji Kompotensi Guru

Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Tambrauw Gelar Sosialisasi Pendidikan Inklusif dan Uji Kompotensi Guru

Sorong, Metro Lima News – Berita Metro Lima Online – Pemerintah Daerah Kabupaten Tambrauw melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan olahraga   mengadakan gelar sosialisasi pendidikan inklusif dan  Uji Kompotensi Guru (UKG) berlangsung di Aula Paparisa Manise Hotel Sorong selama dua hari (4-5/10) .

Dalam sosialisasi tersebut, ada dua kegiatan yang dilaksanakan. yakni sosialisasi bidang pendidikan dasar (SD) dan bidang  pendidikan pembinaan sekolah menengah pertama (SMP) dengan materi pendidikan inklusif dan sosialisasi komposisi bagi guru-guru yang selama ini tidak pernah mengikuti UKG. Ada juga yang sudah mengikuti UKG namun sebagian besar tidak lulus. Maka untuk meningkatkan kualitas mereka, perlu mendapat pembelajaran lagi tentang Pendidikan Profesi Guru (PPG).  Dengan adanya diklat ini ternyata tidak lulus juga maka sosialisasi ini perlu dilaksanakan kembali agar narasumber dapat memberikan penguatan dan informasi kembali tentang UKG.

Demikian dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tambrauw melalui Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Tambrauw, Karel Nauw, S.Pd kepada Metro Lima. Menurutnya, pihaknya mengakui UKG sudah dilaksanakan sejak tahun 2015 secara manual, namun di tahun 2016 sampai saat ini barulah dilaksanakan secara online dipusatkan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kota Sorong.

Dijelaskan Karel Nauw, pendidikan inklusif merupakan pendidikan yang mengakomodasi semua anak tanpa mempedulikan hambatan anak seperti karakter, intelektual dan emosi sehingga menjadi layanan anak pada posisi itu termasuk anak yang berkompotensi dengan intelektual, bakat dan kemampuannya bagus, termasuk anak-anak yang cacat mental untuk tidak lagi bersekolah khusus. Namun sama-sama bersekolah di sekolah regular sehingga guru dapat memberikan pembekalan kepada murid-muridnya dengan tidak ada perbedaan antara satu dengan yang lain.

Lebih lanjut kata Kabid Karel Nauw, ke depan pihaknya memberikan bimbingan teknis atau diklat agar para guru dapat memahami lebih jauh tentang komposisi yang tepat sasaran sehingga peningkatan kualitas guru di Kabupaten Tambrauw tercapai.

Kegiatan Sosialisasi Pendidikan Inklusif dan UKG mendapat perhatian khusus dari Dirjend Pendidikan Layanan Khusus Jakarta. Hadir dalam kegiatan ini, 60 pendidik atau guru SD dan SMP yang bekerja di Kabupaten Tambrauw. Narasumber Dirjen Kementrian Pendidikan Layanan Khusus, Nursamsi, S.Pd.,M.Pd    serta didukung oleh Instruktur Nasional Kabupaten dan Kota Sorong.

Harapan Dirjend, para guru harus mampu meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan pemahaman tentang pendidikan inklusif agar mampu mendampingi anak-anak yang memiliki kemampuan dan kekurangan dengan penuh tanggung jawab tanpa membeda-bedakan anak.

Kegiatan ini dibuka Kepala Dinas Kabupaten Tambrauw, Agustinus Lewerissa, S.Sos (4/10) dan ditutup Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama, Karel Nauw, S.Pd (5/10) dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya versi terbaru dan lagu Hai Tanahku Papua. (Soter R)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan