‘Buka Jalan’ PDIP untuk Gibran Maju Pilkada yang Bikin FX Rudy Heran Bayu Ardi Isnanto – detikNews

‘Buka Jalan’ PDIP untuk Gibran Maju Pilkada yang Bikin FX Rudy Heran Bayu Ardi Isnanto – detikNews

Solo – DPP PDIP menegaskan bahwa pendaftaran bakal calon peserta Pilkada 2020 dapat melalui DPD ataupun DPP. Hal tersebut semakin membuka jalan Gibran Rakabuming Raka menuju kursi Wali Kota Solo. Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, mempersilakan meskipun dia mengakui keheranan.

Penegasan disampaikan DPP melalui surat yang ditandatangani Bambang Wuryanto selaku Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Surat itu mengatakan bahwa pendaftaran melalui DPD dan DPP dibuka pada 25-30 November 2019.

Bambang Wuryanto yang juga Ketua DPD PDIP Jawa Tengah membenarkan adanya surat tersebut. Namun khusus Jawa Tengah akan membuka pendaftaran pada 6-12 Desember 2019.
“Benar (ada surat). (Tanggal 25-31 November) itu untuk seluruh DPD. Khusus Jawa Tengah 6-12 Desember. Ada kekhususan untuk Jawa Tengah,” kata pria yang akrab disapa Bambang Pacul, Selasa (26/11).
ia menjelaskan, pendaftaran tersebut terbuka untuk umum. Bagi yang berminat dapat mengambil formulir lalu melengkapi syarat dan mengembalikannya ke kantor DPD.

“Ambil formulir aja, kemudian diisi. Terbuka untuk umum. Jadi mengambil dulu, setelah itu mengembalikan. Kan waktunya satu minggu,” tutupnya.

Tentu pembukaan pendaftaran ini menjadi angin segar bagi Gibran yang berambisi menjadi Wali Kota Solo. Dalam beberapa perjumpaan yang lalu, putra sulung Presiden Joko Widodo itu sempat menegaskan akan mendaftar lewat DPD PDIP Jateng di Semarang.

“Saya akan daftar di Semarang (DPD PDIP Jateng). (Waktunya) nunggu dibuka. Nunggu kabar Pak Bambang (Bambang Pacul),” kata Gibran di Solo, Selasa (12/11) lalu.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, tidak lagi melontarkan kritik keras. Padahal sebelumnya dia menilai pendaftaran lewat DPD dan DPP melanggar peraturan partai.

Kini Rudy menanggapi keberadaan surat itu dengan santai. Meskipun mengaku baru kali ini dia melihat adanya surat seperti itu, namun Rudy mengatakan surat itu sah karena ditandangani dua petinggi PDIP.

“Surat (tentang pendaftaran Pilkada) dikeluarkan dari DPP, tanda tangan Sekjen dan Bambang Pacul, sah. Yang belum mendaftar di DPC boleh mendaftar lewat pintu DPD dan DPP,” kata Rudy, Selasa (26/11/2019).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan