Baru Pertama Kali, Walikota Secara Simbolis Serahkan Putusan Remisi Bebas 32 WBP

Baru Pertama Kali, Walikota Secara Simbolis Serahkan Putusan Remisi Bebas 32 WBP

Depok,

Apel upacara memperingati HUT RI ke-74, di kantor Walikota Depok menjadi momen penting bagi pejabat struktural Rutan Depok dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara klas IIB Depok.

Pemberian remisi umum kepada 32 warga binaan secara simbolis diserahkan oleh Walikota Depok, dalam apel memperingati HUT RI ke-74, di lapangan upacara Balaikota pemerintah kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (17/08/2019).

Disaksikan para pejabat dan tamu undangan apel HUT RI ke-74, walikota Depok, Muhammad Idris, menyerahkan putusan remisi tipe RU II kepada 3 WBP mewakili 32 WBP yang langsung bebas.

Kepala Rutan Depok, Bawono Ika Sutomo, usai apel upacara HUT RI ke-74 di Balaikota Depok, menjelaskan pemberian reimisi untuk warga binaan di Rutan Depok, sudah sesuai prosedur dan ketentuan.

Pemberian remisi umum tersebut berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor : PAS-963. dan nomor PAS-984 PK.01.01.02.Tahun 2019, Nomor : PAS-985.PK.P1.01.02.Tahun 2019 pertanggal 17 Agustus 2019 tentang Pemberian Remisi Umum (RU) Tahun 2019.

“Warga binaan yang mendapatkan remisi, merupakan warga binaan yang telah memenuhi kriteria serta berkekuatan hukum. Sedangkan administratifnya berupa berkelakuan baik dan sudah menjalankan masa hukuman 2/3 dari hukuman yang diberikan,” kata Bawono.

Bawono merinci, WBP di Rutan Depok yang mendapatkan remisi umum sebanyak 927 WBP. Dengan rincian,
Remisi Umum I (RU I) sebanyak 895 WBP dan Remisi Umum II (RU II) atau langsung bebas sebanyak 32 WBP.

“Momen ini memberikan motivasi dan kesempatan kepada warga binaan untuk mendapatkan kesejahteraan sosial, pendidikan, dan keterampilan guna mempersiapkan diri ditengah masyarakat,” jelas Bawono.

Selanjutnya, Bawono berharap peran serta Instansi pemerintah dan masyarakat untuk secara aktif ikut mendukung penyelenggaraan pembinaan di pemasyarakatan.

“Harapan kami agar warga binaan setelah bebas bisa bermanfaat dan bersosialisasi secara positif di lingkungan masyarakat,” kata Bawono.

PIAGAM PENGHARGAAN
Sementara dalam apel memperingati HUT RI ke-74 di lapangan upacara Rutan Depok, yang dilaksanakan sebelum mengikuti apel HUT RI di lapangan Balaikota Depok.

Kepala Rutan Depok, Bawono Ika Sutomo, bertindak sebagai Inspektur Upacara menyampaikan Sambutan Menteri Hukum dan HAM RI, serta menyerahkan piagam penghargaan kepada petugas Rutan Depok.

“Mari pelihara dan tumbuhkan cinta tanah air serta menguatkan jiwa nasionalisme semangat perjuangan bagi petugas dan warga binaan,” kata Bawono.

Penyerahan penghargaan kepada 10 orang pegawai berupa Piagam dan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya XX Tahun kepada 1 orang pegawai dan X Tahun kepada 9 orang pegawai yang diberikan secara simbolis.

“Syukuri nikmat dan karunia kemerdekaan Republik Indonesia dengan meningkatkan integritas dan mental disiplin bagi petugas dan warga binaan,” pinta Bawono.

Apel HUT RI ke-74 di Rutan Depok berjalan tertib dan khidmat diikuti oleh seluruh pejabat struktural, jajaran Petugas Pemasyarakatan, yang mengenakan busana daerah masing-masing, dan perwakilan WBP.

Tok/Humas

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan